Judul : ECU BRT Imax-J Yamaha Vixion, Siap Gas Pol ECU Lokal
link : ECU BRT Imax-J Yamaha Vixion, Siap Gas Pol ECU Lokal
ECU BRT Imax-J Yamaha Vixion, Siap Gas Pol ECU Lokal
ECU BRT Imax-J - Yamaha Vixion merupakan generasi motor sport Yamaha yang menggunakan sistem injeksi pertama yang keluar di jalan raya Indonesia. Sejak awal lahirnya di tahun 2007 lalu, produk aftermarket untuk mendukung performa pacuan yang beken disebut Vixion ini, hanya ada knalpot, kem, dan juga injektor saja.
Artinya enggak bisa bore-up full, karena
terbatas enggak ada Electronic Control Unit (ECU) Programmable atau otak
yang khusus dibikin untuk mengatur ulang semua komponen injeksi motor
cepek gocap nya Yamaha.
engine diganti pakai Yamaha Jupiter MX dan dikembalikan ke sistem
konvesional atau karburator. Waduh, itu mah kemunduran donk bro. Betul
enggak?
Setelah sekian lama, para pembesut Vixion harus bersenang
hati karena BRT Bintang Racing Team yang bermarkas di Jl. Mayor Oking
Jayaatmaja No. 102, Cibinong-Bogor sudah memasarkan ECU yang diberi nama
BRT I-Max-Jumper (Imax-J) untuk mendukung keseluruhan performa Vixion.
Untuk mengatur ECU I-max-J, harus menggunakan remote yang sudah
disediakan. “Dengan remote ini kita bisa mengatur ulang injection
mapping, ignition revolution limiter, injection timming, kalibrasi
Throttle Position Sensor (TPS),” papar Tomy Huang dari Bintang Racing
Team.
Tapi, remote dijual secara terpisah dengan I-max-J, lho.
Soal harga, I-max-J ini dibanderol Rp 850 ribu dan remote Rp 500 ribu.
Agar performa peningkatan power saat memaksimalkan Yamaha Vixion, coba
dilakukan pengetesan. “Pemasangan I-max-J tinggal bolt on jadi enggak
repot,” jelas Tomy.
Pengetesan awal tentu menggunakan Vixion
yang masih standar tulen. Permulaan Vixion standar, dirunning diatas
mesin dynotest Dinojet 250i. Power maksimal didapat di 12,44 dk/ 8.100
rpm dan torsi maksimal 8,53 ft.lbs/ 7.100 rpm. Putaran engine hanya
sampai 10.000 rpm, serta grafik air flow ratio (AFR) enggak beraturan.
Setelah perbadingan awal didapat, ECU I-Max-J Programmable
dipasangkan ke Yamaha V-ixion standar itu. “Karena dari produk
sebelumnya sudah melakukan riset, sehingga enggak usah atur dengan
remote lagi. Tapi, bila digunakan di V-ixion spek-up harus lakukan
seting ulang menggunkan remote,” akunya.
Jadi, karena Vixion-nya
standar, tinggal bolt on. Wooow..., setelah berlari di atas dynotest.
Hasilnya sangat signifikan soal peningkatan power, torsi dan
keseimbangan AFR pun terjadi.
Power maksimum mencuat jadi 13,62
dk/ 8.900 rpm dan torsi maksimum bermain di 8,96 ft.lbs. Selain
peningkatan performa, grafik AFR terlihat seimbang dengan alur di
sekitar 1 : 13,5.
Itu artinya, terjadi peningkatan tenaga sekitar
1,8 dk. Sedang buat torsi, peningkatannya sentuh 0,43 ft.lbs. Dengan
peningkatan ini, pastinya sebanding dong dengan harga Rp 850 ribu yang
ditawarkan. Mesti bilang wow lagi nih!
Buat pembesut V-ixion, harus juga bilang wow ya. Tapi, enggak perlu harus koprol!
Demikianlah Artikel ECU BRT Imax-J Yamaha Vixion, Siap Gas Pol ECU Lokal
Anda sekarang membaca artikel ECU BRT Imax-J Yamaha Vixion, Siap Gas Pol ECU Lokal dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2024/10/ecu-brt-imax-j-yamaha-vixion-siap-gas.html