Judul : Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc
link : Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc
Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc
Bore Up Yamaha 400CC - Scorpio Z punya kapasitas silinder termasuk paling besar. Meski angkanya
masih di bawah Suzuki Thunder 250 yang sempat beredar di jalan pada
eranya.
masih di bawah Suzuki Thunder 250 yang sempat beredar di jalan pada
eranya.
Tapi, buat Sunarto Rusli yang tinggal di
Angke Indah 5, Jakarta Barat, performa Scorpio-Z miliknya dirasa kurang
mumpuni. Apalagi jika dihadapkan dengan bobot motor yang cukup berat.
Makanya doi kepingin dongkrak performa melalui bore-up mesin biar lebih
sip diajak turing.
“Pemilik hobinya turing. Pengin power dan torsinya lebih,
lalu saya tawarkan bore up sampai 400 cc. Bisa aja sampai 500 cc, cuma
kasihan dinamo starter standar. Yang ini saja mesti pintar starter agar
setrum aki enggak tekor,” ujar Jimmy Hamdani, mekanik Schnell
Motorsport.
Bore up 400 cc yang hasil aslinya 361,5 cc kata Jimmy
didapat dari penggantian seher diameter 85,5 mm. Piston berdiameter
besar itu dicomot dari motor Honda SR400. Dan biar enggak gampang
menciut, liner silinder diganti boring mobil diesel yang tahan panas.
Seher pun digandeng setang seher Yamaha XT400. Kebetulan lubang
pen di seher dan di setang tidak ada masalah. Cuma biar torsinya ikut
naik, lubang pen di kruk as digeser.
“Enggak banyak sih. Cuma
maju 2,3 mm dan total strokenya jadi 63 mm. Makanya paking silider bawah
tebalnya 11 mm pakai aluminium,” imbuh mekanik di Jl. Tubagus Angke No.
38, Jakarta Barat itu.
Biar hasilnya maksimal, ruang bakar
dikasih rasio kompresi aman yaitu 11,5 : 1. Semua didapat dari ubahan
kubah dome bernut juga kepala piston yang diseting high comp. Lalu
pembesaran ruang bakar disesuaikan payung klep gambot bahan titanum
diameter 43/38 mm.
Begitu pun pasokan aliran gas bakar. Bensin
Pertamax lewat karbu PM36, debitnya diatur kem yang punya durasi 265
derajat pada kem in dan out. “Cuma lubang in digedein jadi 36 mm dan
lubang ex 32 mm biar tendangan balik gas bakar pas sama knalpot custom,”
tunjuk Jimmy yang bilang pakai pengapian koil YZ125 dan CDI Rextor GRM
AC.
kubah dome bernut juga kepala piston yang diseting high comp. Lalu
pembesaran ruang bakar disesuaikan payung klep gambot bahan titanum
diameter 43/38 mm.
Begitu pun pasokan aliran gas bakar. Bensin
Pertamax lewat karbu PM36, debitnya diatur kem yang punya durasi 265
derajat pada kem in dan out. “Cuma lubang in digedein jadi 36 mm dan
lubang ex 32 mm biar tendangan balik gas bakar pas sama knalpot custom,”
tunjuk Jimmy yang bilang pakai pengapian koil YZ125 dan CDI Rextor GRM
AC.
Demikianlah Artikel Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc
Sekianlah artikel Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Bore Up Yamaha Scorpio-Z 400 cc dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2024/10/bore-up-yamaha-scorpio-z-400-cc.html