Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Motor Mudah Mogok

Penyebab Motor Mudah Mogok - Hallo sahabat JAGO BENGKEL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Motor Mudah Mogok, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MOTOR, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab Motor Mudah Mogok
link : Penyebab Motor Mudah Mogok

Baca juga


Penyebab Motor Mudah Mogok

Inilah Penyebab Motor Mudah Mogok dan Susah hidup

Motor mogok



Penyebab Motor Mudah Mogok, apa sih penyebabnya. Menghidupkan motor yang sehat itu mudah, sekali pencet tombol start saja mesinnya akan langsung menyala. Tapi kadang terjadi, tombol start mesti ditekan berulang-ulang baru mesin mau hidup. Atau bahkan sampai perlu pakai kick starter, ngengkol, baru mesin mau hidup. Jika ini terjadi, jangan buru-buru panik lalu bongkar atau bawa motor ke bengkel. Masalahnya tak selalu berasal pada sistem starter, bisa jadi bersumber pada bagian lain.

 

Lupa Tekan Rem atau Lepas Standar 


Nah, hal ini biasanya terjadi pada skutik. Kalau tidak biasa menggunakan skutik, problem yang kelihatannya sepele ini bisa saja terjadi dan membuat panik. Untuk memastikan keamanan saat menghidupkan mesin, pabrikan motor menghubungkan tombol start dengan salah satu tuas rem sehingga keduanya mesti ditekan bersamaan agar mesin bisa hidup. Bahkan pada beberapa motor tak hanya tuas rem, posisi standar samping juga harus terlipat naik, baru mesin bisa dinyalakan. Kalau salah satu terlewatkan, meski tombol start ditekan berapa kali pun dan motor dalam kondisi sehat, mesin tak bakal mau hidup.

 

Aki Lemah

 
Baik skutik, motor bebek, motor injeksi ataupun karburator pasti membutuhkan aki untuk menyimpan dan menyuplai kebutuhan listrik, termasuk untuk proses start mesin. Aki motor umumnya memiliki tegangan 12 Volt. Kalau tegangan ini kurang akan muncul gejala aki soak atau hanya kabel aki sudah berkerak, kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin. Aki lemah juga bisa dideteksi dari gejala lain seperti sistem penerangan menurun, lampu jadi lebih redup, lampu sein berkedip cepat atau bunyi klakson sember.

Solusinya cukup gampang sih, gunakan kick starter dan biarkan mesin menyala beberapa menit agar terjadi pengisian aki. Kalau ini tak mengatasi masalah, cek sistem pengisian listrik ke aki. Jika di bagian ini ada kerusakan, tegangan aki akan selalu drop karena tidak mendapat suplai listrik yang stabil. Jika aki memang sudah lemah sebaiknya siap-siap ganti dengan yang baru karena kemampuannya menyimpan listrik sudah menurun.

 

Korslet / Konslet


Korslet atau hubungan pendek dalam sistem kelistrikan adalah penyebab utama kerusakan sistem starter. Hal ini biasanya terjadi karena komponen starter yang berdekatan dengan komponen logam yang terhubung dengan arus negatif dari aki. Biasanya di area yang terjadi korslet ada bekas terbakar atau hitam. Hubungan pendek akan menyebabkan motor starter tidak berfungsi sekringnya putus. Mengatasinya, ganti sekring, bersihkan area yang terbakar dari kerak, kemudian pasang kembali. Pastikan pemasangannya tidak berisiko menimbulkan hubungan pendek. 


Relay Starter Rusak

 
Relay adalah sebagai pengalir arus utama dari aki ke motor starter. Saat relay rusak, motor starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay ada di antara aki dengan motor starter, otomatis arus dari sumber listrik yaitu aki tidak akan tersalurkan sehingga motor tak dapat dihidupkan.

 

Rasio Kompresi

 
Jika masalah motor susah hidup hanya pada saat tertentu, seperti saat mesin dingin atau di pagi hari, tapi mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan kick starter atau engkol berkali-kali, kemungkinan ada masalah dengan rasio kompresi di silinder. Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar. Bila rasio kompresi terlalu rendah, mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.

 

Busi Bermasalah 


Masalah pada busi akan menyebabkan percikan api yang dikeluarkan terlalu kecil bahkan mati. Karena merupakan komponen penting dalam sistem pengapian, kalau busi bermasalah seluruh kerja sistem bisa terganggu. Periksa apakah busi masih dalam kondisi baik, bersihkan jika kotor atau berkerak. 


#TAG JAGO BENGKEL

Penyebab motor mogok

Penyebab motor mati mendadak dan hidup lagi

Cara Mengatasi motor mati mendadak

Penyebab motor mogok saat hujan

Motor mogok di jalan

Motor mogok karena busi

Biaya servis motor mogok

Motor tiba-tiba mati saat di gas

Cara Mengatasi motor matic tidak bisa hidup




Demikianlah Artikel Penyebab Motor Mudah Mogok

Sekianlah artikel Penyebab Motor Mudah Mogok kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab Motor Mudah Mogok dengan alamat link https://www.jagobengkel.my.id/2022/09/penyebab-motor-mudah-mogok.html